Liturgi Penutup Tahun Ajaran

  1. Prosesi Ibadah (lilin-lilin kecil, salib, dan icon-icon)

Sebelum prosesi masuk, ciptakan suasana yang hening, sehening mungkin. Dalam suasana tersebut, rombongan prosesi masuk dengan bawaan masing-masing. Di altar terdapat sau lilin besar dalam keadaan mati. Selanjutnya prosesi berjalan menuju altar, dengan susunan pembawa salib, diikuti pembawa icon-icon, dan terakhir pembawa lilin-lilin. Salib diletakkan persis di depan lilin besar. Sementara semua lilin kecil diletakkan disekitar lilin besar dan salib. Setelah semua lilin kecil diletakkan, pemimpin ibadah meniup semua lilin kecil dan menyalakan lilin besar. Masih dalam keadaan hening, rombongan prosesi meninggalkan altar, kembali ke tempat masing-masing.

  1. Ungkapan Iman Jemaat dan Votum

Ungkapan iman ini dilakukan seperti ibadah Quaker. Dengan memanfaatkan suasana hening yang tercipta, para petugas – sebelumnya sudah duduk menyebar di antara jemaat – yang akan membacakan ungkapan iman ini berdiri dan membacakan ungkapan iman yang menjadi bagiannya. Ungkapan imannya berisi pemaknaan akan simbol-simbol ibadah yang ada.

Contoh :

  • Bagiku salib adalah pertanda betapa besarnya kasih Tuhan dalam hidupku. Salib itu melambangkan kesempatan hidup yang begitu istimewa karena aku telah ikut dalam karya penebusan Yesus Kristus. Salib pertandan kemenanganku. Salib membawa membawaku untuk semakin dekat pada Tuhanku.
  • Icon-icon di depan sana mengingatkan aku bahwa tidak ada manusia yang pernah sanggup hidup sendiri di dunia tanpa orang lain. Bahkan, saat Tuhan menjelma menjadi manusia dalam rupa Yesus. Memberitakan kabar keselamatan, dan mewujudkannya bagi semua orang. Dan itu terjadi, dengan keberadaan orang-orang lain di muka bumi ini, sampai hari ini, di sini… Dalam perjuangan hidup kita, ada begitu banyak orang yang hadir, dengan atau tanpa kita sadari. Biarlah kita memampukan diri kita untuk melihat pancaran kehidupan positif maupun negative mereka sebagai jalan untuk sampai pada panggilan kehidupan kita.
  • Lilin-lilin kecil itu melambangkan semangat Roh Kudus yang terus menyala di dalam hidup semua umat manusia. Sepanjang hidup, selama masih ada kesempatan, cahaya itu akan terus menyala di dalamku. Cahaya yang akan menerangi jalan-jalanku dan jalan orang-orang disekitarku. Sampai akhirnya nanti, waktuku habis di sini, dan cahayaku menjadi satu dengan cahaya Allahku.
  1. Nyanyian Bersama
  1. Persembahan Pujian
  1. Ungkapan Bahagia

Sungguh bahagia rasanya terlahir sebagai orang yang diselamatkan atas segala dosa yang menjadi penghalang bagi manusia untuk dekat dengan Tuhan. Keselamatan yang bersumber pada cita kasih Allah. Cinta kasih adalah ungkapan sederhana, namun penuh makna. Dalam cinta kasih ada pengampunan , ada kesabaran, ada kerendahan hati…dan suka member. Cinta kasih berbuahkan rasa saling menghormati, saling mempercayai, saling memberi dan saling menerima. Cinta kasih, menghadirkan damai sejahtera, lahir dan batin bagi setiap pribadi dalam kehidupan. Alangkah indah, pabila setiap pribadi dalam kehidupan ini bisa menghadirkan kasih. Karena disitulah pangkal kesentosaan dan kebahagiaan. Dalam cinta kasih, rahmat Tuhan tercurah.

  1. Persembahan Pujian
  1. Firman :
  • Lagu Pengantar (misalnya : KJ 434, 53, dll)
  • Firman
  1. Doa-doa Umat
  • Syukur atas perjalanan satu semester
  • Pelaksanaan berbagai program sekolah/kampus
  • Ujian Akhir Semester
  • Rencana-rencana semester berikut
  • Harapan-harapan di Semester berikut
  1. Narasi Penutup

10.  Pengutusan

11.  Berkat

(digunakan sebagai Liturgi tutup semester UKDW 30 Nov 2008)

Yogyakarta

Hasudungan Putra Maduma Simanjuntak™

sdungs_batako3107@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: